Seni Rupa Bisa Menjadi Bank Visual

Replika Pieta | Foto : Google.com |
GOKFM.COM- Beberapa karya fotografi tercipta dari seni rupa yang hadir lebih dulu dan dianggap sebagai perbendaharaan visual. Dalam hal ini kita tidak perlu takut dengan kata-kata "contek" karena dalam berkarya kita mengenal istilah ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Jadi jangan pernah takut untuk terus memperbanyak perbendaharaan visual kalian.


Foto : Samuel Aranda

Samuel Aranda pemenang World Press Photo 2012 atas karyanya seorang korban demonstrasi dipeluk oleh ibunya di Sana'a, saat Arab Spring merembet ke Yaman 2011.


Foto : Eugene Smith

Esai fotografi dramatis milik Eugene Smith dalam LIFE membawa perhatian dunia pada penyakit Minamata, yang melanda Jepang 1971.

Foto : James Nachtwey

Terlihat seorang anak lelaki yang mengalami sakit parah akibat miningitis TB dihibur oleh ibunya. Karya ini di abadikan oleh James Nachtwey di Svay Rieng, Kamboja.


Ketiga karya tersebut dianggap terinspirasi oleh patung marmer "Pieta" (1499) karya Michelangelo di era Renaisans. Pengembaraan Perawan Suci Maria memeluk tubuh Yesus setelah penyaliban.


Foto : Google.com

Meski tidak bisa dipastikan apakah visualisasi Pieta ada di kepala para fotografer ini ketika menekan rana kameranya, seni rupa dapat menjadi salah satu bank visual kita untuk membuat sebuah karya fotografi itu sendiri. •kfm/kam

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar