Menolong Dulu atau Memotret Dulu

Istimewa | foto: google.com |

GOKFM.COM- Dalam beberapa forum diskusi, sering muncul pertanyaan ini : Menolong dulu atau Memotret dulu?  Untuk menjawab peranyaan ini cukup mudah, kita harus tahu dulu dalam situasi apa kejadian itu berlangsung.

Istimewa | foto: google.com |
Kevin Carter, jurnalis foto lepas Afrika Selatan pemenang penghargaan fotografi Pulitzer Prize untuk foto seorang anak dan burung bangki di Sudan pada tahun 1994. Pulitzer Prize adalah penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat.

Pada Maret 1993 Carter meliput kelaparan yang melanda Sudan. Ia memotret di sekitar kemah pusat bantuan makanan PBB. Saat berkeliling ia melihat seorang bocah kesulitan dalam perjalanannya ke kemah, sementara di belakang bocah itu seekor burung bangkai berdiri. Sebuah foto yang dramatis berhasil diabadikan oleh Carter.

Istimewa | foto: google.com |
Foto itu pertama kali dimuat oleh The New York Times yang lalu menuai banyak reaksi. Pembaca banyak yang mengecam fotografer hingga akhirnya koran membuat kolom pemberitahuan bahwa fotografer sempat menghalau pergi burung itu dan si anak berhasil diselamatkan oleh relawan.

Carter menerima penghargaan atas foto itu setahun kemudian, ia telah menanggung kesedihan yang dalam dari hal - hal yang ia alami selama menjadi fotografer. Hingga akhirnya Carter bunuh diri dengan memasukkan asap knalpot ke dalam mobilnya.

Dalam kasus ini, pembaca yang mengecam foto Carter tidak memahami fungsi jurnalis foto. Tim medis bahkan menerapkan standar reportase untuk daerah endemi seperti Afrika bahwa jurnalis tidak diperkenankan melakukan kontak fisik dengan subjek untuk menghindari penyebaran penyakit.

Jadi pada kesimpulannya, kita harus mengetahui kondisi dan situasinya seperti apa. Untuk dapat menyimpulkan mana yang kita lakukan terlebih dahulu. Motret atau Menolong. •kfm/kam


0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar