Disabilitas Bukan Akhir dari Segalanya

Foto ©dream
GOKFM.COM- Achmad Zulkarnain atau kerap di panggil "bang zoel" , seorang fotografer penyandang disabilitas. Pria asal Banyuwangi ini dikenal berkat karya - karya fotonya yang disorot media internasional.

Sebelum menjadi seorang fotografer, Achmad bekerja sebagai penjaga warnet. Berawal dari tugas yang diberikan untuk memotret pas poto pelanggan di warnetnya, beliau mulai tertarik akan dunia fotografi. Dengan segala keterbatasannya, Achmad pun berusaha mengoperasikan kamera dengan baik.

Foto ©dream

Tak lama berselang, beliau pun pindah tempat bekerja. Zoel yang pernah menimba ilmu di Universitas 17 Agustus 1945 ini memutuskan bekerja di kantor advokat, dan dari sinilah beliau memberanikan diri untuk mencicil kamera.

Canon 1100D adalah kamera pertama Achmad. Dengan kamer itu, dia pun belajar mengoperasikan kamera secara keseluruhan, mulai dari penggunaannya hingga mengganti baterai dan lensa.


Foto ©kapanlagi.com
Impiannya berkeliling dunia untuk memotret pun terwujud, hasil karya beliau disorot media asing. 2017 media internasional Al Jazeera menceritakan kehidupannya dalam video yang berdurasi 4.10 menit. Sejak itu beliau mulai dikenal hingga fotografer ternama Indonesia , Darwis Triadi ikut menghubungi beliau. Dengan kesempatan yang cukup baik, Achmad sudah memamerkan karyanya ke beberapa negara diantaranya Turki dan Brazil.

Atas segala yang telah Achmad dapatkan, kini ia mengungkapkan bahwa keterbatasan yang ia miliki sejak lahir tak boleh menjadi halangan untuk menggapai cita-cita dan yang beliau inginkan.

Menurutnya, keterbatasan hanya diciptakan oleh diri kita sendiri. Maka dari itu, kita pula lah yang bisa mendobrak keterbatasan itu.•kfm/kam

0 Post a Comment/Comments:

Posting Komentar