Sejarah KFM

KFM (Komunitas Fotografer & Model) berawal dari sekelompok kecil perkumpulan para penggemar fotografi dan dunia modeling yang melakukan rutinitas memotret dan dipotret setiap hari Sabtu dan Minggu di Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta.

Sebagian besar anggota komunitas ini adalah lahir dari otodidak dan tanpa pendidikan khusus fotografi dan modeling. Para anggota komunitas ini selalu berinteraksi secara kekeluargaan, bertukar pengalaman dan teknik fotografi baik secara langsung maupun melalui media sosial, Facebook.

Anggota komunitas ini mencakup seluruh lapisan dan kalangan masyarakat dari tidak mampu hingga kalangan menengah keatas. Hanya saja sebagian besar anggota dari komunitas ini adalah kalangan menengah ke bawah. Kami tidak pernah membeda-bedakan siapa dan dari mana anggota tersebut berasal. Siapapun bagi mereka yang menggemari dan ingin mendalami dunia fotografi dan modeling membaur dalam tempat yang sama.

Dari sekelompok kecil itulah hingga suatu ketika terbentuklah Komunitas yang bernama KFM (Komunitas Fotografer & Model) pada tanggal 14 April 2014 dan dalam waktu satu tahun komunitas ini berkembang pesat hingga ke seluruh pelosok tanah air hingga saat ini anggota komunitas ini mencapai 30.000 orang.

Pada hari jadinya yang pertama, KFM menggelar sebuah event akbar di Taman Silang Monas, Jakarta Pusat. Mengapa di Monas? Sebagai pusat jantung kota Jakarta Monas menjadi tempat paling strategis untuk destinasi pariwisata. Disamping sebagai ikon kota Jakarta, Monas juga memiliki banyak view yang indah sebagai spot pemotretan baik memotret model maupun street hunting human interesting (HI).

Bagi kebanyakan warga dari luar Jakarta yang belum pernah melihat Monas lebih dekat akan merasa bangga dan lebih merasa memiliki ikon kebanggan Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Disamping itu KFM juga ingin menjadikan even ini sebagai ajang promosi wisata budaya dan pariwisita Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, mengangkat lebih tinggi kesenian dan budaya Indonesia khususnya budaya Betawi. Karena tanggal 26 April 2015 berdekatan dengan hari Kartini yang bertepatan tanggal 21 April KFM juga akan mengingatkan kembali sejarah hari Kartini tersebut kepada para kader muda yang terlibat dalam penyelenggaraan event akbar ini.

Dalam event akbar ini dihadiri ribuan personil yang di dalamnya tergabung Fotografer, Model, Make-Up Artist (MUA) dan penyedia wardrobe. Event ini didukung penuh para pecinta fotografi dari seluruh penjuru tanah air, terbukti dalam event ini sebagian dari mereka hadir dari berbagai pelosok daerah.

Event ini pun berhasil menyedot perhatian berbagai awak media yang antusias dalam pemberitaan di media masing-masing baik itu cetak, elektronik maupun media onlie.

Dengan slogan Learn, Fun & Grow! KFM membuktikan bahwa komunitas ini selalu bisa menciptakan wadah untuk belajar bersama-sama, bersenang-senang bersama dan berkembang bersama pula. (shan/kfm)